Pages

Minggu, 27 Oktober 2013

contoh paragraf deduktif dan induktif

Contoh Paragraf Deduktif dengan Tema “Lingkungan”
Alam rusak, malapetaka bagi kita semua. Andai para manusia yang tidak bertanggung jawab itu menggunduli hutan di Indonesia, kerusakan lingkungan perlahan-lahan akan mengahantui kita. Pasti.
Bagaimana tidak, hutan berperan sangat penting. Hutan mampu mencegah terjadinya banjir bandang, penghasil oksigen, penyerap emisi gas karbon. Seharusnya kita menjaga hutan agar tidak rusak. Karna warisan yang akan kita berikan kepada anak cucu kita adalah hutan. Jagalah hutan untukmu, untukku dan untuk kita semua.

Contoh Paragraf Induktif dengan Tema “Ketenagakerjaan”

Penganiayaan atau kekerasan fisik maupun non fisik dan pelecehan yang diterima oleh para TKI kita yang diluar negeri sudah kerap terdengar. Banyak faktor yang melatarbelakangi itu semua. Seperti kurang fasihnya para TKI kita dalam berkomunikasi dengan majikan,perbedaan adat istiadat dan budaya. Namun terkadang para majikan tersebut berbuat sewenang-wenang terhadap para TKI. Mereka menganggap para TKIs eperti orang rendahan. Peran Pemerintah dalam hal ini sangat diperlukan. Pemerintah dapat membuat undang-undang ketenagakerjaan yang lebih melindungi para TKI yang ada diluar negeri . karna para TKI tersebut adalah Pahlawan Devisa bagi Bangsa Indonesia yang harus kita lindungi.

0 komentar:

Posting Komentar